Kamis, 15 November 2012

PENYAKIT-PENYAKIT YANG DISEBABKAN OLEH VIRUS


1.       Penyakit pada tumbuhan
Penyakit pada tumbuhan yang disebabkan oleh virus, antara lain :
a.       Mozaik
Penyakit mozaik menyebabkan timbulnya bercak kuning pada daun tumbuhan.
Contohnya pada tumbuhan tembakau. Penyakit ini desebabkan oleh tobacco mozaic virus (TMV).

b.      CVPD (Citrus Vein Phloem Degeneration)
Penyakit CPVD disebabkan oleh virus yang merusak floem tanaman jeruk. Akibatnya, tanaman jeruk menjadi kering dan mati.

c.       Penyakit kuning
 Penyakit kuning menyerang tumbuhan cabai dan tomat. Penyakit ini disebabkan oleh begomovirus (bean golden mosaic virus).

d.      Penyakit daun menggulung
Penyakit daun yang menggulung menyerang tembakau, kapas, dan lobak. Penyakit ini disebabkan oleh turnip yellow mosaic virus (TYMV)

2.       Penyakit pada manusia
Penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus, antara lain :
a.       Influenza
·         Influenza disebabkan oleh virus orthomyxovirus yang berbentuk bola.
·         Virus ini ditularkan melalui udara dan umumnya hanya menyerang sistem pernapasan.
·         Influenza dapat dicegah dengan menjaga daya tahan tubuh, menghindari kontak dengan penderita, dan pemberian vaksin influenza.


b.      Cacar air dan herpes
·         Cacar air dan herpes zoster disebabkan oleh virus varicella zoster virus (VCV)
·         Gejala penuakit cacar air adalah demam, sesak napas, pegal linu, dan timbul gelembung-gelembung berair di kulit yang terasa gatal.
·         Herpes zoster adalah penyakit lanjutan dari cacar air. Penyakit ini ditandai dengan timbulnya gelembung seperti cacar air.

c.       Campak
Campak disebabkan oleh paramyxo virus. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, batuk, dan rasa nyeri di seluruh bagian tubuh.

d.      Polio
Polio disebabkan oleh virus polio. Virus polio menyebabkan kelumpuhan jika menginfeksi selaput otak (meninges) dan merusak sel saraf yang berhubungan dengan saraf tepi. Penyakit polio dapat ditularkan antara lain melalui lingkungan yang buruk, makanan, minuman, alat makan, dan bahkan ludah.

e.      Hepatitis
Hepatitis disebabkan oleh virus hepatitis. Virus ini menyerang organ hati. Virus hepatitis dibagi menjadi hepatitis A, B, dan C. Penyakit ini ditularkan melalui minuman yang terkontaminasi, transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

f.        AIDS (Acquired Immunideficiency Syndrpme)
·         AIDS merupakan penyakit penurunan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immunodeficiency Virus)
·         Virus HIV dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka pada kulit atau selaput lendir. Penularan penyakit ini dapat terjadi melalui hubungan seksual, transfusi darah, dan penggunaan jarum suntik secara bergantian. AIDS juga dapat ditularkan oleh ibu kepada janin yang dikandungnya.
·         AIDS tidak menular melalui udara, kontak biasa, gigitan serangga, batuk, bersin, atau menggunakan peralatan makan dan mandi yang sama.

g.       Ebola
Virus ebola menyerang sel darah. Sel darah mati yang diserang virus ebola akan menyumbat kapiler darah. Kulit menjadi memar, melepuh, dan seing kali larut seperti kertas basah. Ebola ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan tubuh penderita ebola, misalnya kerringat, darah, ludah, dan urine.

h.      Herpes simpleks
Herpes simpleks disebabkan oleh virus dari suku herpetoviridae. Virus ini menyerang kulit dan selaput lendir. Virus dapat masuk ke dalam tubuh melalui luka kecil. Virus ini juga dapat ditularkan pada bayi saat dilahirkan dan melalui hubungan seksual.

i.         SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome)
SARS disebabkan oleh virus yang dinamakan SARS-CoV. Penyakit ini ditularkan melalui udara. Gejala penyakit SARS antara lain : suhu tubuh tinggi diatas 390C, badan menggigil, kelelahan otot, sakit kepala, batuk kering, sulit bernapas, dan diare.

j.        Flu burung (bird flu/avian flu)
Penyakit flu burung disebabkan oleh virus avian atau yang dikenal juga dengan nama virus H5N1. Gejala penyakit ini antara lain demam. Batuk, sakit tenggorokan, sakit otot, sulit bernapas, dan pneumonia.

k.       Flu babi (swine flu)
Penyakit flu babi ini  disebabkan oleh virus H1N1. Penyakit ini memiliki tingakt virulensi yang tinggi. Gejala penyakitnya mirip dengan flu burung.

3.       Penyakit pada hewan
Penyakit pada hewan yang disebabkan oleh virus, antara lain :
a.       NCD (New Castle Disease)
Penyakit ini menyebabkan ayam dan biasa disebut penyakit tetelo.

b.      Foot and  Mouth Disease
Penyakit ini disebut juga penyakit mulut dan kuku. Penyakit ini menyerang hewan ternak seperti sapi dan kerbau.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar